Wednesday, July 27, 2016

Selain Harga Mesin Cuci, Apa yang Membuat Sebuah Mesin Cuci Tahan Lama?

Selain Harga Mesin Cuci, Apa yang Membuat Sebuah Mesin Cuci Tahan Lama?


Kebanyakan orang beranggapan bahwa harga mesin cuci adalah penentu utama dari kualitas mesin, padahal tidak selamanya demikian. Awet atau tidaknya sebuah mesin cuci ditentukan oleh banyak faktor dan bukan cuma soal harga. Meski demikian, belum ada merk mesin cuci yang berani memberikan jaminan ketahanan mulai dari lima sampai delapan tahun. Meski demikian, memang pada dasarnya akan lebih baik bila seseorang membeli mesin cuci dari produsen terpercaya, sehingga bakal memperkecil kemungkinan mendapatkan mesin dengan kualitas rendah. Mudah bagi seseorang untuk memperoleh daftar harga mesin cuci, sebab internet banyak memberikan informasi semacam itu. Namun apa yang perlu diperhatikan kemudian adalah ketahanan mesin cuci.

Mesin cuci yang memiliki ketahanan prima biasanya tidak berangkat dari faktor seperti harga mesin cuci, melainkan berangkat dari kriteria penilaian tertentu, yang membuat mesin cuci memiliki ketahanan yang baik. Mesin cuci yang memiliki ketahanan prima mesti memenuhi beberapa kriteria seperti yang tertulis di bawah ini:

  •  Mesin cuci dilengkapi fitur error code

Fitur error code membantu seseorang mengenali kerusakan pada mesin cuci, dan biasanya ini ditunjukkan melalui serangkaian kode yang bakal muncul pada layar digital panel mesin cuci. Ketika kerusakan muncul, layar tersebut bakal memberitahu jenis kerusakan yang terjadi. Perhatikan buku manual mesin dengan baik guna mengenali kode-kode yang ada. Lebih jauh lagi, mengenali jenis kerusakan mesin adalah langkah sederhana untuk mengenali ketahanan mesin.

  • Memperhatikan pemograman mesin

Sebuah mesin cuci modern bakal menawarkan banyak program, dan ini perlu disikapi secara hati-hati. Pemograman biasanya disusun sekompleks mungkin, dan semakin kompleks maka semakin besar pula resiko sebuah mesin untuk rusak. Karena itu selain harga mesin cuci, perhatikan juga pilihan program cuci yang ada di dalam sebuah mesin cuci. Pastikan bahwa program yang ada memang sudah sesuai dengan kebutuhan. Tidak kurang dan tidak lebih.
  • Perhatikan bahan pembuat tabung mesin cuci
Harga mesin cuci bukan yang utama, melainkan bahan pembuat tabung mesin cuci. Bahan tabung bisa dari apa saja, termasuk stainless steel, enamel, dan plastik. Yang terbaik adalah stainless steel, tentu saja, karena paling tahan lama dan paling awet terutama bila dioperasikan dalam kecepatan tinggi. Selain itu, tabung berbahan plastik juga lebih tahan lama bila dibandingkan dengan enamel, yang sesungguhnya lebih mudah rusak dan berkarat.

Harga mesin cuci murah bisa jadi bukan yang terbaik, karena itu pilihlah mesin cuci berdasarkan kriteria ketahanan seperti yang sudah ditulis di atas. Lebih jauh lagi, dari sekian banyak merk dan banyaknya varian harga mesin cuci di pasaran, pilihlah satu yang paling sesuai dengan kondisi ruang dan banyaknya cucian yang mesti ditangani.

No comments:

Post a Comment